UNDER MY COVER

Dinamika Kehidupan Kampus

Sistem pemerintahan mahasiswa (Student Government) di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP UB) memiliki sebuah badan deliberatif yaitu Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) yang berfungsi untuk legislasi, pengawasan, dan anggaran. Fungsi legislasi dilaksanakan sebagai perwujudan DPM untuk melakukan pertimbangan dalam rangka mengambil keputusan yang kemudian dituangkan dalam aturan atau undang-undang. Fungsi pengawasan dilakukan melalui pengawasan atas pelaksanaan aturan-aturan, kontrol terhadap Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan jajaran di bawahnya, serta upaya sinergisitas Lembaga Kedaulatan Mahasiswa (LKM). Tentunya semua itu dijalankan dalam kerangka representasi mahasiswa seperti; menampung dan mengkaji aspirasi, serta advokasi.

Namun seiring berjalannya waktu pelaksanaan fungsi-fungsi di atas sering terhambat ketika banyak kalangan mahasiswa FTP yang cenderung under estimate. Kemungkinan besar sebabnya adalah merasa DPM belum sepenuhnya mengkaji aspirasi mereka dan hasil kajian tersebut hanya sedikit memberikan solusi. Sehingga banyak yang menilai DPM belum berkembang sebagai lembaga yang baru beberapa tahun terbentuk. Bahkan ada yang beranggapan bahwa DPM hanya berfungsi simbolik saja dalam arti tidak ada kegiatan apapun di dalamnya.

Di samping itu, krisis identitas mahasiswa akhir-akhir ini sudah sangat memprihatinkan. Keberadaan mahasiswa sebagai agen kontrol sosial sudah melemah dan hampir-hampir kehilangan kukunya. Kondisi mereka yang tidak mampu kritis menimbulkan jajaran dekan dan mahasiswa tidak bisa atau susah duduk sama rendah. Apalagi aktivitas-aktivitas semu yang menjadikan mereka semakin tidak peka terhadap dinamika kehidupan kampus, lebih-lebih di masyarakat. Dialektika wacana lambat-lambat habis terkikis oleh kebiasaan malas, janji-janji dan nanti-nanti.

Berdasarkan pertimbangan di atas, tentunya menjadi pilihan tepat untuk mewujudkan cita agung ini, bahwa DPM harus memiliki wibawa aspiratif yang tinggi guna memantapkan kepercayaan mahasiswa. Mengembalikan karakter mahasiswa yang intelek, senantiasa haus dialektika wacana, dan akrab dengan orientasi kemajuan bangsa. Berpartisipasi aktif dalam lingkup organisasi kemahasiswaan adalah salah satu pilihan solutif yang dapat mengikis kondisi krisis identitas mahasiswa saat ini.

Hubungan antar lembaga yang carut-marut terus menjadi sorotan utama dalam program kerja DPM. Hal itu membuat keberadaan student government ini nyaris tidak berfungsi bagi mahasiswa secara umum. Oleh karena itu, untuk mengefektifkan kinerja organisasi, DPM harus mampu memperbaiki hubungan antar lembaga agar kita dapat berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah. Agar yang kendur dapat dikencangkan dan yang terlalu kencang dapat dikendurkan. Agar DPM tidak lagi hanya disebut-sebut sebagai lembaga stempel pihak eksekutif.

Advertisements
This entry was published on October 8, 2011 at 12:29 am and is filed under Activities. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

29 thoughts on “Dinamika Kehidupan Kampus

  1. selamat berjuang, karena hambatan itu pasti ada.

  2. uhm..
    kalau di kampus kedinasan spt ana, semuanya kebanyakan diatur pejabat kampus.. organisasi juga dibatasi, wah ternyata begitu ya kuliah di kampus umum..
    barokalloh insya ALLAH ada jalan..

  3. politik kampus..
    kata Gie: “Politik Tai Kucing” πŸ˜‰

  4. hmm… jadi teringat saat ngampus tahun 90an… bergerak terus, kawan, bergerak terus…. semoga memperoleh kebaikan dalam rahmat-Nya.

  5. irfan handi on said:

    Tetap semangat aja yach…
    Salam persahabatan.

  6. semangat…DPM mu itu harus bisa kawan..

  7. Sayyidah 'Ali on said:

    di mulai dari diri sendiri , insya Alllah bisa,,πŸ™‚

  8. semangat brader.
    Hamasah.

  9. sukses terus lah pokoknya mas.. semangka!! eh semangaaaaaaaattt!! πŸ™‚

  10. haii..salam kenal…

  11. Iyaahh. mahasiswa sudah kehilangan kukunya. Rasanya memang sistem pendidikan dibuat memberatkan mahasiswa sehingga sudah lepas kontrol terhadap kehidupan sosial.

    Hanya analisis saya. hehehe

  12. Tetap Semngat !!!

  13. jadi teringat waktu kuliah S1 dulu. Ada juga lembaga kemahasiswaan seperti ini πŸ˜€

  14. Njenengan kader KAMMI, bukan?

  15. dunia kampus dunia penuh dinamika anak muda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: