UNDER MY COVER

POTENSI ANTIMIKROBA DARI CITRUS ESSENTIAL OILS

Minyak citrus selama ini banyak digunakan sebagai flavoring (bumbu) dalam industri pangan. Selain sebagai flavoring, ternyata minyak citrus juga berpotensi untuk digunakan sebagai antimikroba alternatif, untuk menggantikan senyawa-senyawa antimikroba sintetik.

Sebuah penelitian dari University of Nottingham’s School of Health Inggris beberapa waktu lalu melaporkan, citrus essential oil dapat menghambat pertumbuhan bakteri gram positif dan gram negatif. Penemuan ini sangat penting, terutama dengan adanya tren untuk lebih memilih produk alami, dan adanya patogen yang menjadi resisten (kebal) terhadap antibiotik tertentu.

Namun sebelum digunakan lebih lanjut sebagai antimikroba, tim peneliti mengingatkan, masih banyak tantangan yang perlu dijawab. Di antaranya adlah, penggunaan citrus essential oil ini akan mempengaruhi flavor produk. Padahal, selama ini pengawet yang dikehendaki oleh industri pangan adalah pengawet yang tidak memberikan efek terhadap mutu sensori. Oleh sebab itu, sangat penting menemukan komponen utama dalam citrus essentioal oil, yang pada konsentrasi terendah akan memberikan efek sensori terbesar. Komponen tersebut bisa dikurangi/dihilangkan untuk menjadikan citrus essential oil lebih disukai sebagai antimikroba.

Hal penting lainnya adalah, belum diketahui mekanisme antimikrobanya secara pasti. Penelitian lebih lanjut mengenai mekanisme tersebut adalah untuk memastikan bahwa efek antimikroba yang ditimbulkan oleh citrus essential oil tidak menimbulkan resistensi atau merusak keseimbangan mikroorganisme di saluran pencernaan.

Penelitian-penelitian sebelumnya hanya menyebutkan tentang efektifitas dari penggunaan senyawa tersebut dalam membunuh bakteri. Misalnya dalam penggunaannya pada seafood segar. Citral (minyak jeruk) dan linalool dapat mengurangi mikroflora pada insang, kulit, dan daging kepiting pada suhu penyimpanan 20°C selama 48 jam.

foodnavigator.com

Advertisements
This entry was published on June 23, 2011 at 6:42 am. It’s filed under Environmental & Natural Resourches Engineering and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: