UNDER MY COVER

Imajinasi Ukuran Atom

Pernah kebayang, ukuran atom itu seperti apa.. ?

Sahabat, mari kita berimajinasi sejenak. Anggaplah kita mau nghitung semua atom yang ada dalam sebutir garam dan anggaplah kita mampu menghitung satu milyar atom per detik. Kendatipun kita sangat terampil dalam berhitung, kita akan memerlukan lebih dari lima ratus tahun untuk menghitung jumlah keseluruhan atom yang menyusun sebutir garam yang sangat kecil ini. Subhanallaah…ini baru sebutir garam lo, gimana kalau jumlah atom yang menyusun alam semesta dan seisinya? Weleh-weleh, mbleber.. !

Anggaplah bahwa kita memegang sebuah kunci di tangan. Sudah pasti, mustahil bagi kita untuk melihat atom-atom pada kunci tersebut. Jika kita tetap ngotot untuk melihat atom penyusun kunci tersebut, maka kita harus memperbesar kunci menjadi seukuran BUMI. Jika kita telah berhasil melakukan pembesaran ini, maka atom-atom yang menyusun kunci tersebut akan terlihat berukuran sebesar buah cherry.

Maka ada benarnya juga, Udara, air, gunung, binatang, tumbuhan, tubuh kita, tampat duduk kita, singkatnya segala yang kita saksikan, sentuh dan rasakan, dari yang paling berat sampek yang paling ringan tersusun atas atom-atom. Setiap halaman yang kita baca tersusun atas miyaran atom. Atom adalah partikel yang sangat kecil sehingga tidak dapat dilihat menggunakan mikroskop yang paling hebat sekalipun. Diameter atom hanyalah berkisar seper satu juta milimeter.

Menyenangkan jika kita bisa melihat sisi misteri pertikel pembentuk segala materi ini, atom sekali lagi mengingatkan kepada penciptanya, pencipta kita, Kendatipun ukurannya yang teramat mungil, namun terdapat sebuah susunan yang sempurna, tanpa cacat, unik, kompleks, kecanggihannya dapat disejajarkan dengan sistem yang kita lihat ada pada jagat raya.

Sahabat, ini sebagai langkah awal kita untuk menyelami misteri2 sain, dan saya ucapkan selamat datang di tempat sejuk nan indah ini The Holy of Science.

“Pengetahuan Tuhanku meliputi segala sesuatu. Maka apakah kamu tidak dapat mengambil pelajaran”. (QS. Al-An’aam, 6:80)

Artikel Terkait :
Ruang Raksasa dalam Atom
Kekuatan Maha Dahsyat Inti Atom

Advertisements
This entry was published on May 15, 2011 at 9:24 am and is filed under Scientific. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

2 thoughts on “Imajinasi Ukuran Atom

  1. Pingback: Kekuatan Maha Dahsyat Inti Atom « The Holy of Science

  2. Pingback: Ruang Raksasa dalam Atom « The Holy of Science

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: